Thursday 15 June 2023

Kurangi Stres dengan Bermain Game

 

Hallo, Sobat Pembaca...
Akhir-akhir ini pada sibuk apa ya?
Kalau aku di Minggu-minggu ini selalu berkutat dengan pekerjaan dan beragam deadline tulisan yang menumpuk. Rasa lelah dan letih sudah menjadi makanan sehari-hari selama ini.
Saat mengerjakan pekerjaan, seringkali aku kesulitan mencari ide atau ketika sudah di tengah jalan mengerjakan sesuatu tiba-tiba konsentrasi buyar. Hal ini menjadi pekerjaan yang semula cepat selesai jadi terbengkalai.  Biasanya sih aku akan rehat sejenak. Kadang menonton drama, membaca buku, mendengarkan musik, jalan-jalan dan juga bermain permainan yang ada di ponsel. Aku suka sekali permainan yang menghibur dan penuh pengalaman. Ya, lumayan mengobati rasa jenuh saat harus menyelesaikan deadline pekerjaan tapi tetap dong, pekerjaan harus tetap diselesaikan. Ternyata selain mengobati rasa jenuh, banyak sekali manfaat game online. Baik melalui aplikasi ataupun website. Aku coba jabarkan di sini apa saja sih manfaat game online.

Yang pertama, game online dapat mengembangkan keterampilan kognitif seperti pemecahan masalah, strategi, pemikiran kritis, dan keterampilan analitis. Beberapa game bahkan dirancang khusus untuk melatih kemampuan matematika, logika, dan pemrograman.

Yang kedua, permainan game online yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan pemain lain secara langsung, baik melalui komunikasi suara maupun pesan teks. Ini dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial, kerjasama tim, dan kemampuan berkomunikasi dalam konteks yang terstruktur.

Yang ketiga bagi aku game online dapat mengurangi stres karena dapat menjadi bentuk hiburan yang efektif. Game juga dapat menjadi cara yang baik untuk bersantai dan mengalihkan pikiran dari tekanan sehari-hari. Selain itu, game juga dapat memberikan kepuasan dan rasa prestasi ketika berhasil menyelesaikan tantangan atau mencapai tujuan dalam permainan.

Yang keempat, beberapa game online melibatkan penggunaan keterampilan motorik halus dan kasar. Misalnya, game yang melibatkan gerakan fisik seperti menari atau menggunakan perangkat kontroler khusus dapat membantu meningkatkan koordinasi mata dan tangan, kelincahan, dan keterampilan motorik.

Yang kelima, game online menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif. Misalnya, ada game edukatif yang dirancang khusus untuk mengajarkan keterampilan bahasa, sejarah, ilmu pengetahuan, dan banyak lagi. Dengan memanfaatkan teknologi dan elemen permainan, game online dapat memperkaya pengalaman belajar.

Banyak sekali kan manfaat game online bagi pemainnya. Aku juga sering main game online. Biasanya aku main game melalui website mortgagecalculator.org/money-games/
Di website tersebut banyak sekali permainan yang dapat dipilih untuk dimainkan. Ini rekomendasiku game-game apa yang biasanya aku mainkan.

1. LEGO City Adventures

Permainan LEGO ini yaitu  membangun kota LEGO menggunakan berbagai bangunan yang menghasilkan pendapatan pajak.
Permainan ini membangun kota metropolis yang berkembang.
Ada beberapa menu yang tersedia seperti,
Gali minipiece tersembunyi. Ini dapat digunakan untuk membangun jenis bangunan unik yang tersedia di setiap zona. Selain itu setiap bangunan mengharuskan memiliki tabungan LEGO yang cukup untuk membelinya bersama dengan minipiece yang dibutuhkan.


Buka kunci masing-masing dari enam zona kota dengan mengisi setiap zona dengan 25 bangunan.
Setiap zona memiliki kepingan LEGO yang unik dan tipe bangunan dengan jadwal perolehannya sendiri.
Pastikan setiap zona memiliki setidaknya satu kantor polisi dan pemadam kebakaran sehingga Anda dapat melindungi warga.
Padamkan api dan hentikan perampokan untuk mendapatkan penghasilanDalam LEGO City Adventures Bangun dan Lindungi pemain bantu Walikota Solomon Fleck membangun kota LEGO menggunakan berbagai bangunan yang menghasilkan pendapatan pajak yang dapat digunakan untuk membantu membangun sisa kota Anda. Saat membangun pastikan setiap zona memiliki setidaknya satu kantor polisi dan pemadam kebakaran sehingga dapat melindungi warga.

2. Idle Farming Business

Kalau kalian suka permainan tangan menanam, game ini cocok untuk kalian mainkan. Aku suka banget bisa menanam berbagai macam sayuran dengan 8 jenis sayuran seperti wortel, gandum, tomat, mentimun, paprika, lobak, bawang merah, dan jagung.


Caranya dengan menggulir setiap petak secara berkala untuk mengumpulkan penghasilannya agar dapat terus berinvestasi kembali untuk meningkatkan pertanian. Selain itu ada pilihan awan berarti hujan dan matahari bersinar untuk produksi lebih cepat. Melihat tanaman-tanaman tumbuh subur dan indah, senang banget rasanya.

3. Burger Shop

Kalau yang tadi tentang pertanian, kalau game yang satu ini tentang game simulasi restoran burger di sini pemain harus melayani pesanan pelanggan dengan tepat. Aku yang belum terbiasa bermain ini dilatih untuk gerak cepat dan fokus dengan burger yang dipesan para pelanggan.


Ada petunjuk gelembung tiap pelanggan dan kita harus mulai dengan cepat mempersiapkan baki beserta bugernya. Membuat burger mereka dari bawah ke atas. Dagingnya sudah dimasak sebelumnya. Ambil roti, lalu buat burger dari bahan bawah ke bahan atas.
Pilih baki untuk melayani pelanggan.
Saat melanjutkan permainan harus membuka topping tambahan (termasuk mentimun, selada, dan tomat), sosis, makanan pendamping (kentang goreng & donat), dan minuman.
Yang menyenangkan ada kasir untuk melakukan pembayaran dan dapat membeli stok barang. Ini bisa simulasi belajar menghitung. Kalau bisa mencapai target bisa naik level.

Itu ketiga pilihan favorit game online di website mortgagecalculator.org/money-games/
Ada beberapa banyak ragam permainan lainnya. Kalau penasaran yuk coba main di waktu senggang dan untuk mengurangi penat.

Beberapa game online memang sangat bervariasi. Kalau tadi aku sebutkan banyak manfaatnya, tapi penting juga untuk diingat bahwa seperti halnya kegiatan lainnya, bermain game online perlu dilakukan dengan seimbang dan dalam batas waktu yang wajar. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain game online dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.
Jadi boleh kok bermain game asal tahu waktu dan kesehatan. Kalau Sobat Pembaca saat suntuk suka main game apa ini? Share yuk...



1 comment:

  1. aku kalau main game yang temanya Farming, susah naik level. Pertama, karena aku sendiri ga paham cara mainnya, tapi adik aku jago banget hahaha
    Kalau permainan yang ala toko-toko, aku suka banget ini

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search