Saturday 4 December 2021

Permainan Solitaire, Permainan Sejak Dulu yang Menyenangkan


Siapa yang suka bermain game? Pasti tidak asing lagi dengan permainan Solitaire, permainan sejak dulu yang menyenangkan. Kalau saya menyebutnya sebagai permainan kartu. Sebelum ada game online marak seperti sekarang yang bisa dimainkan di gadget ataupun laptop, dulu permainan Solitaire ini sudah terkenal loh. Saat masih menggunakan komputer, permainan yang ada masih sederhana dan salah satunya Permainan kartu Solitaire. Hayo siapa yang pernah memainkannya?

Bahkan sampai sekarang masih banyak orang yang memainkan Solitaire. Tapi tahukah kalian bahwa awal mula permainan Solitare ini tercatat sejak akhir tahun 1700an di Eropa Utara?  Sudah lama sekali ya... Aku akan menceritakan singkat tentang Permainan Solitaire yang masih eksis hingga kini.

TENTANG SOLITAIRE

Solitare merupakan permainan yang ada di dalam komputer yang disertakan dalam microsoft windows. Permainan Solitaire dikembangkan oleh seorang magang bernama Wes Cherry pada tahun 1989. Awalnya hanya Solitaire kemudian Windows melengkapi permainan lainnya seperti Pinball, Zuma Deluxe, Feeding Frenzy dan masih banyak yang lainnya. Jika teman-teman sudah pernah memainkan Solitaire pasti sangat mudah memainkannya. Awal pertama aku main Solitaire juga bingung, tapi sekarang suka banget permainannya meskipun jarang sekali menang sih. Hehehe....

Bermain game Solitaire mungkin terlihat rumit dan membosankan, tapi tahukah kalian bahwa ada banyak sekali manfaat yang didapat dari memainkan game Solitaire ini? Seperti :

1. Mengasah Otak Kanan

2. Menenangkan Pikiran

3. Berlatih Sabar

4. Meningkatkan Kosentrasi

5. Menghilangkan Stres

Seiring berkembangnya jaman, Solitaire tidak hanya ada di komputer tapi bisa juga main Solitaire secara online. Kemarin waktu aku pusing banget karena pekerjaan, pengen nih refresh sejenak dengan main game yang ada di komputer. Kebetulan ada temanku yang rekomendasikan permainan Solitaire yang tersedia di situs solitaire.org. Langsung aku coba untuk memainkan permainan yang ada di situs solitaire.org. Ternyata tidak hanya Solitaire tapi banyak sekali permainan lainnya yang juga seru dan menyenangkan. 

Solitaire mempunyai 6 macam game di situsnya yang paling populer, yakni Klondike, Freecell, Spider, Pyramid, Tripeaks dan Golf Yang paling aku suka dari situs Solitaire.org ini karena tidak terganggu dengan iklan yang muncul. Permainan ini juga bukan permainan menggunakan uang ya jadi aman karena bukan judi.

KLONDIKE

Klondike adalah permainan Solitaire yang paling klasik. Nama awal yang tercatat yaitu Patience yang berarti kesabaran. Permainan Klondike ini membutuhkan kesabaran. 

Cara bermain Klondike Solitaire :

1. Kartu disusun dari kiri ke kanan, dengan kartu paling bawah dari setiap tumpukan diletakkan menghadap ke atas.

2. Kemudian pindahkan kartu dari Tabel ke Fondasi, dimulai dengan Ace dari masing-masing suit.

3. Hanya kartu teratas yang dapat ditarik.

4. Kartu dengan peringkat yang lebih rendah secara berurutan dapat dipindahkan ke bawah kartu dengan peringkat yang lebih tinggi, tetapi hanya jika kartunya memiliki warna yang berbeda.

5. Dan Permainan berakhir ketika semua kartu dihapus atau jika tidak ada gerakan yang memungkinkan.

solitaire.org/klondike/

FREECELL

"FreeCell" memiliki empat ruang kosong, atau sel, yang digunakan untuk penyimpanan kartu sementara. FreeCells dapat digunakan untuk menyimpan kartu tunggal.

Cara Bermain Freecell:

1. FreeCell "terbuka" karena kartu dibagikan menghadap ke atas di awal permainan. Ini berarti bahwa hampir setiap pertandingan dapat dimenangkan karena pemain dapat merencanakan langkah mereka ke depan.

2. Seperti Solitaire, tujuan permainan ini adalah menumpuk kartu menjadi urutan. Urutan ini didasarkan pada setelan dan peringkat. Misalnya, kartu akan ditumpuk K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A dengan kartu lain dengan jenis yang sama.

solitaire.org/freecell/

 SPIDER

Di permainan ini kamu akan membuat royal flush di tablo untuk mengeluarkan kartu dari lapangan bermain.

Cara Bermain Spider:

1. Kumpulkan tiga belas kartu suit, dalam urutan menurun dari King ke Ace.

2. Setelah satu set penuh tiga belas kartu dirakit, kartu itu dibuang.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk menumpuk kartu ke dalam urutan. Urutan ini didasarkan pada setelan dan peringkat. Misalnya, kartu akan ditumpuk K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A tanpa campuran.Kamu dapat memindahkan kartu di sekitar ruang permainan mengikuti seperangkat aturan. Jika kamu kurang strategi, maka kamu akan terblokir dan permainanmu kalah.

solitaire.org/spider/

PYRAMID


Permainan ini pemain jumlahkan pasangan kartu menjadi 13, dengan raja bernilai 13.

Cara bermain Pyramid:

Fitur yang menentukan dari versi gim ini adalah tata letak piramida.

1. Bagikan kartu untuk membentuk piramida, dimulai dengan deretan satu kartu, diikuti dengan deretan dua kartu, dan seterusnya, hingga deretan terakhir yang terdiri dari tujuh kartu. Piramida akan terdiri dari total dua puluh delapan kartu yang ditampilkan menghadap ke atas. Setiap baris harus tumpang tindih dengan yang sebelumnya.

2. Kartu yang tersisa diletakkan di bagian bawah piramida. Ini adalah tumpukan undian. Kartu-kartu ini disusun menghadap ke bawah. Ada juga tumpukan sampah untuk kartu yang dilewatkan dari tumpukan undian.

3. Pyramid Solitaire "terbuka" karena kartu dibagikan menghadap ke atas di awal permainan.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengeluarkan semua kartu dari piramida. Kartu dikeluarkan berpasangan dan pasangan ini harus berjumlah tiga belas. Misalnya, sepuluh dan tiga dapat dihilangkan bersama-sama, karena jumlahnya menjadi tiga belas.

solitaire.org/pyramid/

 TRIPEAKS

Fitur yang menentukan dari versi permainan ini adalah tata letak tiga puncak. Delapan belas kartu dibagikan tertutup untuk membentuk tiga "piramida". Setiap piramida memiliki enam kartu masing-masing dengan deretan sepuluh kartu di bawahnya yang menghubungkan tiga piramida di dasarnya.

Cara Bermain Tripeaks:

1. Untuk membuat piramida, bagikan tiga kartu menghadap ke bawah. Selanjutnya, berikan dua kartu menghadap ke bawah ke setiap kartu, offset, sehingga membentuk piramida.

 2. Selanjutnya, berikan tiga kartu di atas dua kartu, diimbangi dengan tingkat yang sama.

3. Terakhir, letakkan sepuluh kartu menghadap ke atas secara berurutan di bagian bawah, setiap kartu tumpang tindih dengan kartu sebelumnya yang menghadap ke bawah. Stok terdiri dari dua puluh empat kartu yang tersisa.

solitaire.org/tripeaks/

 GOLF

Permainan ini memiliki tujuh baris kartu. Tiga puluh lima kartu diletakkan dalam lima kolom, menghadap ke atas.

Cara Bermain Golf:

1. Kartu yang tersisa ditempatkan dalam tumpukan, atau dek. Kartu teratas dari dek ditempatkan menghadap ke atas di tumpukan baru, yang disebut Talon. Tujuan permainan ini adalah memasukkan semua kartu ke dalam tumpukan Talon.

2. Kamu dapat memindahkan kartu ke Talon jika salah satu nomor di atas atau di bawah kartu yang muncul di tumpukan Talon. Kamu tidak dapat memindahkan kartu jika tertutup oleh kartu lain. Jika Kamu tidak dapat memindahkan kartu, maka kamu dapat membuka kartu lain dari dek dan meletakkannya di tumpukan Talon.

3. Permainan dimenangkan ketika semua kartu dipindahkan ke tumpukan Talon. Jika pemain terjebak dan tidak bisa bergerak lagi, permainan hilang.

solitaire.org/golf/

Selain Solitaire, ada kategori permainan lainnya seperti Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzles dan Word.

Aku paling suka kategori Match 3. Di kategori Match 3 ada permainan Candy Fiesta, Candy House, Same Game, Treasure Of Atlantis, Zuma Ball, dan Zuma Legend. Tapi aku akan review beberapa yang aku suka ya...

CANDY HOUSE

Cara mainnya mudah banget. Kamu bisa tukar 2 item untuk mencocokkan 3 atau lebih item yang sama dalam kolom vertikal atau baris horizontal. Kemudian gerakan yang valid mengharuskan kamu untuk menyelesaikan satu set 3 atau lebih. Buat kecocokan yang lebih lama untuk mendapatkan potongan power up yang menghancurkan potongan lain pada baris yang sama atau potongan lain dengan warna apa pun yang kamu pilih. Oh iya, masing-masing dari 50 level diberi batas waktu.

Ketika sudah selesai permainan, desain tata letak berubah dan beberapa bagian terkunci pada posisinya.

solitaire.org/candy-house/

ZUMA BALL

Game ini memiliki 10 level. Di dalam setiap level ada rantai bola terbatas yang bergerak menuju akhir level. Cara bermainnya mudah dan menyenangkan. Pertama kamu harus membuat set 3 bola atau lebih dengan warna berurutan dan harus sama warnanya. Kamu harus menembak sesuai warna yang ada di rantai. Jika ditembak, warna yang sama akan hilang. Jika tidak, bola-bola akan terus berjalan dan masuk ke dalam lubang di tengah. Jika tidak bisa menembak warna bola sesuai warna dan menghilangkannya, maka kamu akan kalah.

solitaire.org/zuma-ball/

Tapi aku suka permainan ini karena misal saat tidak sengaja me-refresh browser, kita diberi kesempatan untuk melanjutkan permainan atau main ulang. Seru bukan?

Kalau kalian suka bermain games, yuk coba main di Solitaire.org. Dijamin deh dapat menghilangkan suntuk.





Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search