Sunday, 24 October 2021

Optimalkan Potensi Anak Melalui Game Online

  


Hallo, Ayah Bunda, siapa nih yang anaknya suka bermain game online? Game apa sih yang sering dimainkan?

Di era informasi yang canggih dan serba digital ini, game online memang bukan lagi hal yang asing. Setiap orang dapat memainkannya baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Banyak sekali perusahan-perusahaan pengembang game online yang telah memproduksi bermacam-macam game dan banyak juga game-game yang hanya layak dikonsumsi orang dewasa. Dalam hal ini, orang tua akan ikut berperan mengarahkan anak-anak agar dapat bermain game sesuai dengan rating usianya. Karena kerap sekali anak-anak asal main game dan tidak sengaja memainkan game yang tidak layak dikonsumsi di usia mereka, misal game yang terdapat adegan kekerasan. Sebab hal tersebut akan  mempengaruhi perilaku juga prestasi anak. Maka untuk itu orang tua sebaiknya memperhatikan game online apa yang sedang dimainkan oleh anaknya agar sesuai dengan perkembangan jiwa anak.

Mungkin sebagian besar orang tua akan merasa takut jika anak-anaknya kecanduan game online dan akan mempengaruhi kualitas belajarnya. Selain itu sering bermain game juga dapat mengganggu kesehatan, perilaku menyimpang, dan mempengaruhi lingkungan pergaulan. Tapi tahukah selain dipandang negatif, game online juga dapat dipakai sebagai media pembelajaran untuk anak asal orang tua memiliki inisiatif dan bijak untuk mengelola jadwal anak-anaknya agar terhindar dari efek kecanduan game.

Lalu apa saja sih pengaruh positif game terhadap tumbuh kembang anak?

Meningkatkan Ketajaman Mata

Para peneliti yang berasal dari Rochester University mengungkapkan bahwa anak-anak yang memainkan game secara teratur memiliki ketajaman mata.

Anak yang bermain game secara tangkas akan merangsang sistem motorik berkembang sesuai dengan gerakan yang dilibatkan.

Relaksasi

Peneliti di Indiana University membuktikan bahwa bermain game dapat mengenduran ketegangan urat saraf. Game sebagai relaksasi untuk mengatasi kebosanan dan sebagai hiburan dikala sedang suntuk dan bosan.

Membuat Pintar

Dr. Jo Bryce dari Manchester University telah membuktikan game membuat orang menjadi pintar. Seorang gamer memiliki daya kosentrasi yang tinggi sehingga menuntaskan beberapa tugas dengan mudah.

Mengenal Kosa Kata dalam bahasa Inggris

Dalam sebuah game akan terdapat petunjuk-petunjuk untuk memainkannya. Dan selain bahasa Indonesia, banyak sekali game yang menggunakan bahasa Inggris. Hal ini akan membuat pemain game akan mengenal kosa kata dalam bahasa Inggris. Pemain game harus bisa mengartikannya dan belajar bahasa inggris jika ingin tetap bermain game.


Bermain Game Online

Di masa pandemi seperti sekarang ini, aktivitas di luar rumah jadi terbatas apalagi saat pemerintah menerapkan sosial distancing. Sekolah, tempat kerja, tempat hiburan banyak yang ditutup untuk sementara. Kejenuhan di rumah akan terasa sekali. Selain bekerja dari rumah, membaca buku, menonton film, aktivitas yang aku lakukan adalah bermain game online. Ada banyak sekali game-game yang dapat dimainkan, baik melalui aplikasi di gadget atau komputer. 

Jika ingin bermain game online, coba bermain melalui plays.org. Banyak sekali game yang disediakan, bisa dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Aku juga beberapa kali main game melalui plays.org. Dan ada beberapa game yang cocok dimainkan untuk anak-anak yang dapat mengoptimalkan potensi mereka.

Pada plays.org banyak kategori game yang dapat dipilih. Mudahnya lagi dari situs game online ini tak perlu ribet untuk mendaftar. Tinggal memainkan saja dan mudah dioperasikan untuk anak-anak.


Dalam Play Blaze and theMonster Machines Mud Mountain Rescue, game ini kategori truck. Seorang anak yang suka dengan hal kendaraan akan senang sekali memainkan game ini. Cara mainkannya pun sangat mudah. Hanya dengan menggunakan klik kiri, bilah spasi, dan tombol panah seperti yang diinstruksikan di layar bila menggunakan komputer atau laptop.

Permainannya yaitu melompati truk kepiting agar truk bisa berjalan dan mencapai lokasi tujuan. Ini dapat menggunakan tombol klik kiri mouse atau spasi untuk melompat. Sedangkan untuk mengubah jalur dapat menggunakan tombol panah.


Game ini cocok untuk anak-anak prasekolah dan penggemar serial Nick Jr. Dengan game ini, anak dilatih untuk cekatan dan menyusun strategi bagaimana truk dapat lolos dari truk kepiting.

Sedangkan dalam Play Cute Shapes, masuk dalam kategori art atau seni. Cara bermainnya pun sangat mudah. Caranya dengan  seret salah satu bentuk ke lapangan bermain. Dapat ditambahkan warna sesuai keinginan dengan klik warna yang dipilih. Untuk menu kanan terdapat emosi wajah untuk ditempatkan pada bentuk.


Game ini anak akan belajar banyak hal yaitu perkenalan warna, emosi, bentuk dan juga ukuran. Tidak banyak strategi dalam permainan ini. Cocok dimainkan untuk anak-anak yang baru belajar mengenal bentuk dan juga ukuran benda. Ssambil bermain, ayah dan bunda dapat mendiskusikannya dengan anak-anak.


 Dari beberapa game online tersebut, potensi perkembangan anak dapat dirangsang oleh efek game. Di antara lain perkembangan motorik, kognitif, moral, neurologi, peran dan juga bahasa.

Perkembangan Motorik

Saat bermain game dengan cekatan, sistem motorik anak juga ikut berkembang disesuaikan dengan gerakan yang dilibatkan. Seperti saat memainkan game alat musik, dance. Saat bermain game, anak akan menerima rangsangan mental dan mengkoordinasikan gerasakan visual, audio dan fisik mereka

Perkembangan Kognitif

Anak dapat menaati waktu belajar, waktu istirahat dan waktu lainnya dengan diingatkan.  Daya pikir anak juga akan maju dan terasa. Anak akan lebih berhati-hati dalam mengambil langkah.

Perkembangan Moral

Anak akan semakin mengenal kemampuannya berdasarkan bakat dan minatnya. Tapi sering bermain game juga dapat menghambat moral anak apalagi jika anak bermain game kekerasan, dengan mudah anak dapat meniru dan dipraktekkan dalam lingkungannya. Untuk itu dalam hal ini orang tua mempunyai peran penting dalam mengarahkan game yang bermanfaat bagi anak.

Perkembangan Neurologi

Perkembangan ini dapat melibatkan perubahan otak dan saraf anak saat memainkan game yang penuh strategi. Anak diajak berpikir untuk menyelesasikan beberapa kasus. Menurut penelitian bahwa seorang yang sering bermain game dapat mempercepat stimulator. Stimulator ini membuat otak bekerja untuk menafsirkannya.

Perkembangan Peran

Dalam game anak dikenalkan dengan tokoh yang mempunyai karakter berbeda-beda. Misal saat game sport, karakter David Beckham yang bisa melakukan tendangan yang cepat dan akurat. Tapi tidak semua peran dalam game itu baik. Anak harus diarahkan ke game yang tidak ada unsur kejahatan atau kekerasan. 

Perkembangan Bahasa

Dengan bermain game, anak akan dikenalkan dengan bahasa asing atau lokal. Anak dapat dilatih untuk mendengar, membaca kosakata dan mengucapkan kata. Banyak sekali percakapan atau kalimat yang terdapat pada game. Tapi terkadang ada kata-kata kasar yang tidak pantas untuk ditiru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut orang tua diharapkan dapat mengawasi dan membatasi anak untuk bermain game.

 

Jika dilihat dari segi positifnya, bermain game itu mudah dan menyenangkan loh. Tapi jangan lupa ya ayah bunda untuk selalu dampingi anak-anak saat bermain game.

 

 

 

 

14 comments:

  1. betul banget nih kita sebagai orang tua harus bisa pilihin game yang gak hanya menghibur tapi juga bisa mendidik anak ini penting

    ReplyDelete
  2. Betul banget ya ada sisi positif bermain game itu dan pastinya ada pula sisi negatifnya sehingga perlu di dampingi oleh orang tua

    ReplyDelete
  3. setuju nih. game gak melulu berdampak negatif yaa mbaa.. asal gak berlebihan banyak juga manfaat bermain game..

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka ngegame mom, jadinya anakku juga suka banget ngegame. Tinggal di pilihkan & dampingi anak saat bermain

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata banyak juga ya manfaat main game online ini, next kalo anak aku udah cukup umur akan aku saranin main dan dampingi juga

    ReplyDelete
  6. Seru ya main game itu memang, bukan hanya anak-anak yang suka, saya sudah ibu-ibu aja masih suka main game. Hehe..

    ReplyDelete
  7. Ternyata banyak juga ya manfaat game ini, aku sendiri sebenarnya termasuk penikmat game dari kecil. Dulu paling favorit mortal kombat dan Mario bross

    ReplyDelete
  8. Kita sebagai orang tua harus ngedampingin anak ketika si kecil bermain game.
    Pengawasan tetep penting.

    ReplyDelete
  9. Anakku banget nih suka main game, tapi aku arahkan ke games yg mendidik, ini jd referensiku

    ReplyDelete
  10. Iya sebenarnya manfaat main game itu banyak selama tidak berlebihan. Sama kayak hobi lainnya kalau berlebihan pasti gak bagus kan.

    ReplyDelete
  11. Banyak ya manfaat main game utk anak2. Kalo dulu mah wkt aku kecil, main game muku malah dimarahin ortu haha.. beda zaman, beda perlakuan

    ReplyDelete
  12. gamesnya bisa jadi sarana belajar yang menarik ya mom nanti coba aku kasih tau kakak pasti suka bgt nih

    ReplyDelete
  13. Game yg menarik & edukatif pastinya menyenangkan bagi anak² dan pastinya orang tua bisa mendampingi untuk mendukung perkembangan pengetahuan anak juga

    ReplyDelete
  14. Keren ya sekarang game tapi bisa ngebantu buat perkembangan motorik anak edukatif banget nih OTW coba

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search