Wednesday, 30 June 2021

Wujudkan Jadi Pendongeng Kreatif Bersama Asus VivoBook 15 A516

 


Saat saya duduk di bangku Sekolah Dasar, bapak bercerita alasan mengapa bapak tidak mau makan ikan lele. Bukan karena tidak suka dengan rasanya atau baunya tapi lebih karena tradisi dan pantangan dari nenek moyangnya. Saat makan ikan lele, seluruh badan bapak akan gatal-gatal dan muncul ruam. Hal itu membuat saya sangat penasaran dan bertanya pada bapak. Kemudian mengalirlah cerita tentang Ki Bayapatih dan Ikan Lele bertuah yang merupakan legenda cerita Rakyat dari Lamongan, Jawa Timur.

Semenjak itu, bapak sering mendongeng setiap malam. Banyak kisah yang diceritakan tidak hanya sekedar cerita rakyat tapi juga tentang pahlawan nasional Indonesia, tentang nabi-nabi dan banyak cerita lainnya. Bapak memberi pelajaran dan nasihat kepada saya melalui cerita-cerita yang dibawakannya.

Bapak bukan seorang pendongeng terkenal yang berututur kepada anak-anak lain. Bukan pendongeng yang selalu diundang lembaga-lembaga untuk mengisi acara anak-anak. Tapi bapak selalu ingin saya menjadi orang yang bermanfaat dengan berbagi cerita dan edukasi kepada anak-anak lain. Karena berbagi tidak selalu berupa materi tapi bisa dengan bercerita yang mengedukasi.


 Bermimpi Menjadi Pendongeng

Berawal dari cerita itulah, saya menjadi sosok seperti sekarang. Saya menjadi seorang pendongeng. Memang belum mejadi pendongeng terkenal seperti Kak Awam Prakoso, Kak Rona Mentari ataupun Kak Aio pendongeng berprestasi Internasional tapi dari mereka saya belajar untuk menjadi pendongeng yang baik.

Dari dunia kerja saya sekarang di perpustakaan kota, saya dituntut untuk selalu belajar mendongeng. Karena salah satu pelayanan dari perpustakaan selain peminjaman dan pengembalian buku juga pelayanan terhadap anak-anak, salah satunya program wisata edukasi. Dimana salah satu kegiatan program tersebut yaitu mendongeng kepada anak-anak yang datang ke perpustakaan. Selain itu saya juga mempunyai komunitas literasi yang mana dalam kegiatannya kami mendongeng berkeliling ke desa atau sekolah-sekolah yang ada di Lamongan.


Tapi menjadi pendongeng tidak semudah hanya bermodalkan bisa cerita, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi apalagi  di era digital seperti sekarang ini. Laju perkembangan zaman yang berbasis digital seringkali memudarkan metode lama yang dianggap usang seperti tradisi dalam pendidikan anak padahal mendongeng merupakan tradisi yang paling efektif dalam menanamkan pendidikan anak sejak usia dini. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, anak-anak tidak dapat leluasa pergi ke perpustakaan dan mendengarkan dongeng karena ada pembatasan sosial distancing untuk pencegahan penularan virus Covid-19. Dan saya juga tidak dapat berkeliling ke desa atau sekolah untuk mendongeng. Padahal saya punya mimpi besar untuk menjadi pendongeng.

Dari permasalahan tersebut, muncul ide untuk mendongeng secara online melalui youtube. Saya membuat konten mendongeng melalui youtube sebagai alternatif anak-anak agar tetap dapat tontonan yang menghibur juga mendidik dan bermanfaat.

Saya mulai membuat rekaman video dan mengedit video sebelum saya posting ke channel youtube. Banyak yang harus saya edit selain video juga desain untuk promosi mendongeng saya di media sosial. Tapi masalah muncul saat laptop lawas saya tidak cukup handal untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut.

Sedangkan saya harus memberikan konten video yang menarik dan menghibur untuk anak-anak perlu skill bisa editing foto dan video dan banyak lainnya yang butuh spesifikasi laptop yang canggih  dan juga mumpuni.

Dan dengan kabar munculnya laptop Asus VivoBook 15 A516 memberikan saya jawaban untuk mengatasi permasalahan tersebut. Saya dapat menginstall aplikasi program-program yang saya butuhkan tanpa harus takut laptop eror. Asus VivoBook 15 A516 ini tipe laptop idaman saya. Selain spesifikasinya canggih, modern, layarnya juga lebar sangat cocok bagi saya untuk membuat konten video.


 ASUS VivoBook 15 A516 Menjawab Mimpi Saya

Bigger Dream Wider Screen – Bermimpi lebih besar dengan layar lebih luas terjawab dengan Asus VivoBook 15 A516. Dengan layarnya yang lebar yaitu 15,6 inci memudahkan untuk mengedit video dengan mudah dan sangat jelas. Dan mimpi besar akan mudah digenggam. Setelah resmi hadir di Indonesia, Asus VivoBook 15 A516 menyasar semua kalangan dengan harganya yang terjangkau dan juga membantu menyelesaikan berbagai hal dengan cepat dan efisien.

Bigger Dream Wider Screen Semua orang punya mimpi masing-masing tapi tidak semua orang berani bermimpi besar. Saya mempunyai mimpi untuk mejadi pendongeng yang dapat berkeliling dunia berbagi kisah dan mengedukasi anak-anak melalui cerita. Dan menjadi pendongeng yang kreatif di era digital dimana anak-anak sekarang banyak bermain internet daripada mendengarkan cerita secara langsung. Hingga membuat saya bermimpi untuk menjadi pendongeng secara langsung maupun digital. Tapi untuk mewujudkan semua itu banyak sekali yang harus saya persiapkan. Salah satunya bagaimana agar mudah membuat konten video dongeng di youtube, saya butuh laptop yang canggih dan modern. Asus VivoBook 15 A516 sudah menjadi incaran saya tapi yang jelas saya harus menabung dulu untuk membelinya.


Jangan Takut Untuk Bermimpi Besar

Bermimpi untuk mewujudkan cita-cita mungkin berawal dari keinginan hati. Seperti kata Merry Riana "Dari hati jadi aksi, dari hati turun ke kaki. Cita-cita jangan hanya disimpan di dalam pikiran, tapi harus diwujudkan dan diperjuangkan.”

Kita harus memperjuangkan mimpi-mimpi dan tidak hanya di simpan saja karena takut gagal. Buktikan bahwa kamu bisa. Dalam buku Mimpi Sejuta Dollar Karya Merry Riana, ada quotes yang menarik saya.

“Meskipun Anda merasa hanyalah orang biasa, namun yakinlah bahwa Anda akan bertumbuh menjadi luar biasa.”

Lalu bagaimana agar mimpi-mimpi besar saya menjadi kenyataan?


Tips Mencapai Mimpi Besar

  1. Berani Bermimpi

Tips yang pertama adalah harus berani bermimpi.Bagaimana mewujudkan impian jika untuk bermimpi saja tidak berani

  1. Menentukan dan catat impian

Agar lebih fokus pada tujuan, catat impian secara spesifik

  1. Berani mengambil risiko

Berdiam diri tidak akan membuat impianmu tercapai. Bangkit dan mulai lakukan apa yang menjadi mimpimu.

  1. Percaya diri dan yakin

Percaya diri mimpimu bisa menjadi kenyataan adalah kekuatan terbesar dari mimpimu. Jangan pernah malu dengan mimpi besarmu.

  1. Mulailah Bekerja untuk Mimpimu

Mulai membuat daftar apa saja yang dibutuhkan agar mimpimu terwujud



Bigger Dream Wider Screen Bermimpi  menjadi seorang pendongeng adalah impian terbesar saya. Saat ini saya fokus untuk membuat konten video mendongeng di youtube. Saya harus terus belajar untuk meningkatkan kemampuan saya baik dari segi mendongeng maupun editing video. Sehingga harapan saya untuk memberikan tontonan positif pada anak-anak dapat terwujud dan tentunya mimpi besar saya mulai terlaksana.

#DiRumahaja menjadikan saya mempunyai banyak waktu untuk membuat konten video mendongeng. Selain itu belajar mendongeng dari pendogeng profesional melalui zoom dan media sosial.


 ASUS VivoBook 15 A516 Menjawab Mimpi Saya

Spesifikasi Asus 15 A516 yang canggih dan modern membuat saya tertarik dan ingin memilikinya agar mimpi saya dapat terwujud. Apa saja sih spesifikasi Asus 15 A516 yang saya katakan dapat membantu wujudkan mimpi saya?

Layar Lebar, Lebih Asyik

Asus VivoBook 15 A516 memiliki layar yang lebar dan luas, yaitu 15,6 inci. Layar NanoEdge-nya menawarkan sudut pandang 178˚ yang luas dan lapisan anti-glare untuk pengalaman yang asyik.  Pilihan panel hingga resolusi Full HD memiliki lapisan anti silau untuk mengurangi gangguan yang tidak diinginkan dari pantulan dan silau yang mengganggu. Dengan spesifikasi tersebut, mengedit video atau mengedit gambar jadi lebih lega di mata dan dapat mudah menyesuaikan kontras video ataupun gambar dengan jelas dan enak dilihat.

Nah, bagi teman-teman yang suka  editing foto atau video, Asus VivoBook 15 A516 bisa jadi pilihan.


Body menarik dan Cantik


Bobot laptop Asus 15 A516 sangat ringan dan juga ramping yaitu hanya 1,8 kg. Jadi mudah dibawa kemana saja. Selain itu desainnya yang cantik dengan lapisan Transparent Silver atau Slate Grey.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”


Cepat dan Efisien


Dengan prosesor Intel® Coredan grafis diskrit NVIDIA® MX330, Asus VivoBook 15 A516 sangat cepat dan efisien saat digunakan untuk bekerja.

Penyimpanan Ganda


Penyimpanan ganda pada Asus VivoBook 15 A516 memberikan keunggulan kinerja data yang supercepat dan kapasitas penyimpanan yang besar. Desain ruang penyimpanan ganda dapat menyimpan file besar seperti film, koleksi musik, dan album foto. Penyimpanan sampai 1TB + 256GB (HDD +SSD)

Dengan spesifikasi tersebut, saya nantinya tidak kesulitan untuk menyimpan video-video mendongeng saya. Jadi pengen segera memiliki laptop Asus VivoBook 15 A516 nih. Kalian jugan pengen kan?


Satu Kali Sentuhan

Dengan sensor sidik jari bawaan3 di touchpad dan Windows Hello, tidak perlu lagi mengetikkan kata sandi setiap saat- hanya satu sentuhan saja. Asus VivoBook 15 A516 dapat mudah diakses.

Selain itu memiliki Keyboard3 full-size dengan backlit yang dapat bekerja di lingkungan minim cahaya dengan desain ergonomis, konstruksi satu bagian yang kokoh dan key travel 1,4 mm.


Fitur PC Lengkap

Asus VivoBook 15 A516 mempunyai fitur PC yang sangat lengkap. Tidak hanya untuk mengedit foto, video ataupun menonton film, Asus VivoBook 15 A516 dilengkapi aplikasi office lengkap sehingga memudahkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”


Transfer Data Kilat


Asus VivoBook 15 A516 dilengkapi port USB-C® 3 3.2 yang memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat dari koneksi USB 2.0 yang lebih lama. Dan juga mencakup port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI dan microSD reader – sehingga dapat dengan mudah menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor dengan sangat mudah.

 “Laptop dengan prosesor Intel® Core 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

 

Sekian ulasan dari saya tentang laptop yang saya butuhkan untuk meraih mimpi besar saya yaitu menjadi pendongeng yang kreatif di era digital.

Untuk produk-produk Asus selengkapnya bisa mengunjungi https://www.asus.com/id/

Semoga impian saya dan semua impian teman-teman dapat terwujud di tahun ini.

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS – 15 inch Modern PC. Bigger Dream, Widder Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”

3 comments:

  1. Jadi dulunya mbak Fitri suka di ceritain dongeng juga sama bapaknya ya, wah pantesan ngena banget kalo pas ceritain dongeng sekarang.
    Btw, laptop Asus ini idaman banget ya mbak, mupeng aq jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak mupeng banget deh... Sudah pengen ganti laptop...

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search