Monday 24 May 2021

Rujak Mak Tas Paciran Legendaris di Lamongan



Rujak Mak Tas Paciran Legendaris di Lamongan - Siang-siang begini paling enak makan rujak pedas dengan ditemani segelas es siwalan. Apalagi makannya sambil melihat laut biru. kalian bisa kok mewujudkannya dengan pergi ke desa Paciran yang ada di Kabupaten Lamongan. 

Jika Sobat pergi wisata ke Lamongan terutama ke Wisata Bahari Lamongan (WBL), Maharani Zoo dan Goa Lamongan (Mazola), jangan lupa mampir ke tempat Rujak Mak Tas. Rujak yang melegenda ini sangat terkenal dengan rasanya yang lezat. Selain itu harganya juga ramah di kantong. Di sepanjang jalan Paciran memang banyak dijumpai pedagang rujak dan dawet tapi rujak Mak Tas yang paling favorit.

Rujak Mak Tas ini telah berdiri sejak tahun 1986. Rasa bumbunya yang khas menjadi daya tarik di kalangan pecinta kuliner. Awalnya rujak Mak Tas diracik sendiri oleh pendirinya, yaitu Mak Tas. Tapi setelah meninggal, diteruskan oleh Mak Nah yang merupakan adik kandung Mak Tas. Meskipun begitu, cita rasanya tetap nikmat dan memiliki ciri khas.

Lokasi Rujak Mak Tas Paciran

Tidak sulit menemukan warung Rujak Mas Tas karena tempatnya di sebelah jalan raya paciran. Lebih tepatnya di Jalan Raya Paciran di sebelah barat jembatan Paciran. Warung Rujak Mak Tas bersebelahan dengan Kali Gayaran yang langsung berbatasan dengan laut. Tapi untuk parkir mobil di sini agak sulit karena tidak tersedia parkir khusus mobil dan letaknya pun di seberang jalan raya. Jadi, Sobat kalau mau ke sini bawa mobil jangan lupa cari parkir yang pas agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.


Bumbu Khas Rujak Mak Tas Paciran

Yang menjadi ciri khas rujak Mak Tas adalah bumbu racikannya. Bumbu racikannya yaitu garam, terasi, cabai, asam jawa, petis dan gula merah yang diuleg menjadi satu tapi yang menjadi pembeda dengan bumbu rujak lainnya, petis yang dipakai terbuat dari saripati ikan dan gula merahnya berasal dari pohon tal. Selain itu, untuk mengambil bumbunya pun menggunakan kulit buah siwalan yang sudah diambil buahnya. Tingkat pedas bumbunya, bisa dipesan sesuai selera. Bisa level 0 sampai level 5. Buah rujaknya juga masih sangat segar. Ada buah kedondong, mentimun, pepaya, nanas, bengkoang dan masih banyak lagi.

Khusus pembeli yang ingin beli bumbunya saja pun bisa. Bumbu dikemas di wadah kecil sesuai tingkat kepedasannya. Bumbu per wadah dibandrol seharga Rp 15.000 - Rp 20.000.


Jam Buka dan Harga Rujak Mak Tas Paciran

Rujak Mak Tas Paciran buka mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB. Rujak Mas Tas selain bumbunya yang sedap juga terkenal antri pembeli. Waktu saya ke sana kemarin pas hari Minggu dan itu sangat ramai pembeli. Antriannya panjang, kurang lebih 30 menit mengantri.

Rujak Mak Tas tidak hanya menjual rujak tapi juga ada Es Dawet Siwalan yang segar. Rujak Mak Tas dijual hanya Rp 5.000 per porsi. Sedangkan Es Dawet Siwalan cuma Rp 4.000 pergelas. Sangat murah kan, Sobat? Jadi jangan lupa untuk sempatkan mampir ke Rujak Mak Tas Paciran kalau berkunjung ke Lamongan ya....

Oh iya, mohon maaf tidak ada foto saat rujak sudah disajikan karena lupa foto, keasyikan makan rujaknya.. hehe

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search