Sunday 18 April 2021

Menyebar Ilmu Hingga Penjuru Lamongan

Pagi yang menyengat tak menyurutkan semangat anak-anak saat menyambut kedatangan kami, para petugas Mobil Perpustakaan Keliling. Saat mendengar deru MPK memasuki halaman sekolah, anak-anak berhamburan menuju halaman. Sebelum mengambil buku yang ada di mobil, anak-anak berbaris rapi sesuai kelasnya masing-masing dan mengisi daftar pengunjung. Ada banyak sekali keceriaan hingga kelucuan yang terselip ketika mengisi buku pengunjung. Ada anak yang iseng menyenggol tangan temannya saat menulis, ada yang mengisi form ttd dengan gambar bahkan tak jarang tanya ini itu sama petugas MPK.


Tawa mereka adalah kebahagiaan kami. Penghilang penat setelah beberapa menit hingga jam menempuh perjalanan yang terkadang medannya sangat sulit dilalui mobil MPK. Apalagi kalau Lamongan sedang musim hujan, jalanan becek bahkan banjir harus tetap dilalui. Tapi itu semua tak mematahkan semangat para petugas pelayanan untuk menyebar ilmu ke penjuru Lamongan. Lewat buku, diharapkan anak-anak dapat memperkaya wawasan, menambah informasi dan ide lewat buku yang telah dibaca.

Buku adalah jendela ilmu. Dan perpustakaan adalah jalan untuk membuka semua jendela-jendela tersebut. Tapi tidak semua anak dapat pergi ke perpustakaan Lamongan yang bertepat di Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 65 Lamongan (sebelah terminal Lamongan). Banyak sekali anak-anak yang tidak mempunyai kesempatan berkunjung ke perpustakaan. Dari kendala jarak, transportasi dan juga minimnya pengetahuan tentang perpustakaan. 

Maka untuk mengatasi hal tersebut, Mobil Perpustakaan Keliling siap datang ke sekolah-sekolah, desa-desa untuk berbagi ilmu kepada masyarakat melalui ribuan buku yang dibawanya. Dan kami petugas layanan MPK siap menyebar ilmu demi mencerdaskan anak bangsa.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search