Saturday 24 February 2018

Ini Nih Manfaat Yang Dapat Kamu Peroleh Dengan Membaca Buku



“I read a book one day and my whole life was changed.” ― Orhan Pamuk

Sudahkah kamu membaca hari ini?
Sudah berapa buku yang kamu khatamkan pertahun? Perbulan? Perminggu atau bahkan perhari?
Tidak usah perhari, perminggu saja terkadang ogah-ogahan. Ada saja alasan untuk tidak membaca. Entah itu malas, ngantuk atau tidak ada waktu. Padahal jika mau, membaca dapat dilakukan di sela-sela aktivitas.

Tahukah kamu, kenapa kita harus menyempatkan untuk membaca buku?
Karena banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari membaca buku.

Dikutip dari buku Seni Membaca untuk Studi karya Widyamartaya tahun 1992, membaca dapat membuka cakrawala kehidupan bagi pembaca, dapat menyaksikan dunia lain-dunia pikiran dan renungan, mengubah pembaca menjadi mempesona dan terasa nikmat tutur katanya.

Selain itu, membaca juga bermanfaat loh bagi kesehatan. Dilansir dari Detikhealth, berikut manfaat membaca untuk kesehatan:

1. Melatih otak


Dengan membaca, daerah neurologis di otak dapat terangsang. Contohnya seperti saat kamu membaca The Da Vinci Code praktis kamu akan merasa seperti Robert Langdon yang berjalan di sepanjang jalan Roma dan tiba-tiba mencium aroma Julia Child's Beef Bourguignon.
Bahkan periset Prancis menemukan bahwa membaca tentang aksi 'Pablo menendang bola' merangsang korteks motorik bagian gerakan otak.

2. Memahami satu sama lain

Dapat memperluas empati dan kemampuan sosial.

"Jika Anda membaca tentang genetika, Anda belajar tentang gen. Jika Anda membaca fiksi, Anda belajar tentang orang lain dan diri Anda sendiri," kata Keith Oatley, PhD, profesor emeritus psikologi kognitif di University of Toronto.

3. Memberi kebahagiaan


Setiap orang pasti ingin kebahagiaan dalam hidupnya. Dan ternyata buku merupakan salah satu sumber kebahagiaan.
Sebuah studi yang lebih baru yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Psychology menunjukkan bahwa produk eksperimental yang dirancang untuk menciptakan atau meningkatkan pengalaman hidup, seperti buku, adalah penguat kebahagiaan.

Selain itu, sebuah studi di Universitas Texas Utara juga menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang terus membaca dan belajar jauh lebih puas dengan kehidupan mereka.

4. Mengurangi stres

Bagi kamu yang stres dengan hari-hari yang kamu jalani, entah karena masalah pekerjaan atau masalah lain, kamu dapat membaca buku untuk mengurangi ketegangan otot.
Periset di University of Sussex menemukan bahwa membaca terbukti mengurangi stres sebanyak 68 persen, mengalahkan mendengarkan musik, berjalan-jalan, dan minum secangkir teh.

5. Meremajakan otak


Sebuah studi oleh Rush University Medical Center yang diterbitkan di Neurology menemukan bahwa menjaga aktivitas stimulasi mental seperti membaca memiliki 32 persen lebih lambat mengalami penurunan kognitif.
Dan dengan membaca, dapat mengurangi serangan  penyakit Alzheimer.

6. Membuka pikiran

Dapat membuka pikiran secara luas dan tidak berpikiran sempit.

"Salah satu manfaat terbesar dari membaca adalah Anda mengenal orang lain, di masyarakat lain, di luar individualitas seseorang," kata Oatley.

Yuk, luangkan waktumu untuk membaca dari sekarang!


Sumber:
Widyamartaya, A. 1992. Seni Membaca untuk Studi. Yogyakarta: Kanisius

DetikHealth (Jumat, 28 Juli 2017)


#Onedayonepost
#ODOPbatch5
#ODOPharike-33

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search